Pertimbangkan 3 Hal ini Sebelum Memilih Kosan di Yogyakarta Saat ini

Hai semua jumpa lagi dengan kami forosphoenix yang akan selalu memberi kalian informasi menarik dan misteri-misteri. Sudah masuk tahun ajaran baru, anak sekolah mulai mulai ganti seragam. Yang merah-putih jadi putih-biru, yang putih-biru jadi putih-abu, yang putih-abu biasanya masih kangen dengan masa-masa SMA-nya. Tapi bukan berarti masa kuliah tidak akan menyenangkan, ya.

Biasanya, di masa kuliah inilah para pemuda-pemudi kesayangan mama-papa mulai dilepas pergi. Merantau untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, terutama mereka yang berada di pelosok dan jauh dari perguruan tinggi.

Pertimbangkan 3 Hal ini Sebelum Memilih Kosan di Yogyakarta

Sejauh ini ada 3 kota yang selalu menjadi pilihan utama para calon mahasiswa untuk meneruskan pendidikannya. Yang pertama sudah pasti Jakarta dengan UI yang menjadi kampus primadonanya, lalu Bandung yang punya ITB dan UPI (Sebenarnya UNPAD berlokasi di Jatinangor yang mana masuk wilayah Sumedang).

Dan yang terakhir adalah kota pendidikan sendiri, yaitu Yogyakarta. Banyak yang memilih kota ini karena selain unik dan suasananya cocok untuk belajar, Jogja juga dianggap sebagai kota yang ramah dompet. Nah, untuk kamu yang mau kuliah di sini, berikut tips mencari kosan di Yogyakarta.

  1. Cari yang Dekat Kampus

Ini yang jadi tujuan utama para mahasiswa memilih untuk nge-kos, agar akses menuju kampus lebih mudah dijangkau. Jadi untuk memenuhi fungsi utamanya, carilah kos-kosan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kampus. Namun biasanya, semakin dekat kampus, biaya sewanya juga akan semakin mahal.

Pertimbangkan 3 Hal ini Sebelum Memilih Kosan di Yogyakarta Saat ini

  1. Cari dari Jauh-jauh Hari

Jangan mencari kosan saat mendekati hari perkuliahan jika tidak ingin kehabisan pilihan. Biasanya gelombang mahasiswa baru akan mulai berdatangan sejak pendaftaran kampus dibuka. Saat itu juga mereka akan mencari kos-kosan yang akan mereka tempati selama kuliah.

  1. Kenali Jenis-jenis Kosan
  • Kosan Ketat adalah kosan yang kondisinya menyatu dengan tempat tinggal pemilik kosan. Peraturan yang diterapkan juga biasanya sangat ketat, seperti aturan jam malam atau membawa teman ke kosan.
  • Kosan Longgar adalah kosan yang kondisinya terpisah dari tempat tinggal pemilik kosan. Jadi bisa lebih bebas dibandingkan dengan kosan tipe pertama, tapi ini juga berimbas pada lingkungan kosan yang menjadi kurang aman.
  • Kosan Bebas biasanya berbentuk paviliun atau rumah yang dikontrakan. Disewakan pada kelompok mahasiswa yang saling berbagi uang sewa. Jadinya seperti punya rumah sendiri tapi resikonya akan sangat kehilangan privasi.